Upaya Bersama mencegah skabies

Selamat datang di website edukasi dan deteksi dini penyakit kulit yang umum di masyarakat


Siapa yang perlu diobati?

Skabies adalah penyakit menular yang terjadi karena kontak langsung kulit dengan kulit, atau melalui pakaian/karpet/selimut atau bahan kain lainnya. Sehingga yang perlu diobati adalah termasuk teman sekamar, orang tua/keluarga serumah, teman dan kerabat lainnya yang berkontak langsung dengan pasien.

 

Bagaimana cara mengobati skabies?

Skabies merupakan penyakit kulit yang umumnya mengenai seluruh tubuh. Diobati dengan obat luar berbentuk krim atau untuk kasus berat dengan obat minum. Obat oles/krim dioleskan ke seluruh tubuh, dimulai dari area leher, badan hingga sela jari tangan dan kaki. Obat oles tersebut digunakan pada malam hari dan dibiarkan selama 8 – 10 jam, pasien diminta mandi dengan bersih sebelum pengolesan. Apabila obat yang digunakan adalah krim permetrin 5%, maka krim hanya digunakan dua kali, yaitu satu minggu sekali selama 2 minggu.

 

Pengobatan harus dilakukan juga pada orang serumah lainnya secara bersamaan, agar tidak terjadi penularan ulang dari orang serumah.



Apakah obat dapat digunakan pada semua usia/golongan?

Untuk krim permetrin 5%, krim ini dapat digunakan pada pasien usia 2 bulan keatas,. Untuk kelompok bayi, usia lanjut, dan pasien dengan penyakit lain yang menurunkan daya tahan tubuh, maka pengobatan memerlukan tatacara khusus dengan pengawasan dokter.

 

Area tubuh manakah yang perlu diolesi obat krim skabies ini:

Pengolesan krim dilakukan ke seluruh tubuh. Kutu skabies nyaman hidup di kulit yang tipis dan lunak.  Jadi, perhatikan area berikut agar tidak terlewat terobati, yaitu: area belakang telinga, kedua ketiak, sekitar putting susu, bawah payudara, area pusar, bokong, belakang lutut, sela paha, sela jari tangan dan kaki, bawah kuku, telapak kaki, dan pergelangan tangan. Pada pria, area buah zakar dan batang kelamin perlu diberikan krim dengan menyeluruh karena kedua tempat ini sering menjadi tempat persembunyian parasit ini.

 

Apa yang harus dilakukan setelah pengobatan krim anti skabies:

Setelah memakai krim anti skabies selama 8 – 10 jam, jangan lupa mandi dengan bersih dan gunakan handuk dan pakaian bersih. Apabila semua bagian tubuh terobati dengan krim dan pengolesan dilakukan seminggu sekali selama dua minggu, maka kutu skabies telah mati dan tidak akan menular pada yang lain. Rasa gatal dan bintil sisa kutu mungkin masih ada, yang akan perlahan menyembuh dan menghilang