Upaya Bersama mencegah skabies

Selamat datang di website edukasi dan deteksi dini penyakit kulit yang umum di masyarakat


Mari kita kenali lebih lanjut mengenai skabies bersama maskot ikon kami Beska dan Deska. 

Picture1

 

Apakah yang dimaksud dengan penyakit skabies dan bagaimana gejalanya?

Skabies dikenal di masyarakat sebagai penyakit gudig, kupret, kudis, budugan yang disebabkan oleh tungau/kutu kecil. Karena sangat kecilnya  kutu skabies tidak bisa dilihat dengan mata telanjang, namun memerlukan pemeriksaan khusus menggunakan mikroskop seperti pada gambar ini. Oleh karena itu kutu skabies berbeda dengan kutu rambut yang masih bisa dilihat dengan mata.   


Picture2

Penyakit skabies adalah penyakit yang ditandai oleh adanya bintil bintil di area khusus yang bisa meluas ke seluruh tubuh, terasa gatal khususnya pada malam hari, dan penyakit ini biasa mengenai satu kelompok masyarakat yang tinggal bersama.


Picture3 Picture4 

Siapa saja yang dapat terkena skabies?

Penyakit skabies biasanya mudah ditemukan pada orang yang tinggal bersama-sama, misalnya di panti asuhan, sekolah berasrama, perumahan yang berdekatan atau di orang orang di dalam penjara. Sehingga selain pasien, maka keluhan serupa akan ditemukan pada teman sekamar/serumah atau seasrama.

 

Area tubuh manakah yang biasanya terkena skabies?

Skabies gejalanya berupa bintil pada kulit yang bisa meluas ke seluruh tubuh. Bintil pada penyakit skabies biasanya ditemukan pada area sela jari tangan, pergelangan tangan, ketiak, area putting payudara, pusar, bokong dan kelamin khusunya pada pria

 

Silahkan cek infografis 1 dan 2 untuk mendapatkan penjelasan visual area tubuh yang sering terkena lengkap dengan contoh gambar-gambarnya